Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

HAA? PMM batch 5 Ada Lagi?!!!

 


Hallo sobat ilook!!! Wahhh... wahhh... wahhh.... liburnya udah hampir 2 bulan aja nih. Jangan bosan dulu please, kalau sobat ilook yang ikutin ide mimin yang kemarin dijamin engga bosan sih, pasti malah nambah pengalaman dan insight kan (tapi kalau diterapin ya, kalau dibaca doang mah, sama aja hmmm), buat sobat ilook yang belum tau atau kepo sama ide mimin apa, boleh cek artikel sebelumnya ya xixixixi.

Mimin tuh ga akan ada habis-habisnya kasih ide, wawasan, informasi dan apapun itu untuk sobat ilook tercinta karena mimin emang sesayang itu sama kalian (real no fake fake ini mah). Berhubung mimin baik hati dan engga pelit informasi, jadi kali ini kita mau bahas tentang PMM.

Yash... mahasiswa sekarang emang masih ada ya yang ga tau PMM??? Gapapa jujur aja deh kalau ga tau apa itu PMM ga bakal dihujat netizen kok kwkwkkw (ya gimana mau tau min, orang miminnya cuma bilang PMM doang, kan banyak kepanjangannya). Okeee dehh jadi yang mimin maksud disini yaitu PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka), gimana udah tau belum??? Buat yang belum tau atau yang ga pernah dengar sebelumnya ga usah berkecil hati ya, karena mimin ga pandang bulu kok kalau mau ngasih pengetahuan ataupun informasi xixixiixi.

Jadi, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai bagian dari Kampus Merdeka. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di perguruan tinggi lain di dalam negeri.

Nah, singkatnya gitu. Kalau sobat ilook mau tau yang lebih detail lagi mengenai PMM boleh langsung cek website Kemendikbud aja yaaa. Tapi kali ini mimin juga mau share pengalaman salah satu mahasiswa Universitas Bengkulu yang udah ikut PMM loh, pasti kepo juga kan???



Aries Triandi Kurniawan, salah satu mahasiswa jurusan hukum angkatan 2022 yang ikut program PMM batch 4 di Universitas Padjajaran loh. Awalnya sih katanya iseng-iseng aja daftarnya eh ternyata lolos. By the way dia tahu info PMM dari temannya yang udah ikut PMM bacth 3 ditambah inisiatif sendiri cari informasi dari web Kemendikbudnya langsung. Walaupun iseng-iseng daftar pastinya aries ini juga punya usaha dong ya mempersiapkan semua berkas dan melewati berbagai tes.

“Ikut PMM seruu bangett sihh, banyak banget keuntungan yang didapet, pengalaman, relasinya langsung sama orang-orang pintar, bisa survive di kota orang, berteman lintas budaya dan jadi tahu budaya orang lain juga, dan masih banyak lagi pengalaman yang didapat dari program PMM ini, mahasiswa yang masih punya kesempatan untuk daftar wajib cobain sih keseruan ikut program PMM.”

Aries udah langsung buktin sendiri loh sobat gimana serunya ikut PMM, ya walaupun pasti ada aja yah ga enaknya. Misalnya, buat sobat ilook yang belum pernah jauh dari orangtua kalau ikut program ini pastinya kan harus merantau dan jauh dari orangtua, tapi gapapa dong namanya juga demi masa depan dan untuk mendapatkan pengalaman serta wawasan yang lebih luas lagi. Karena pindah ke kampus yang berbeda dengan biasanya pasti harus bisa beradaptasi dengan lingkungannya, cara belajarnya, tugas-tugasnya dan banyak hal lain lagi yang harus disesuaikan. Semangat belajarnya sobat-sobat ilook terkasih untuk mewujudkan keinginan kita masing-masing. Mau ngingatin lagi guys, doain semoga PMM batch 5 ada lagi ya hehehe (biar yang lain juga bisa ngerasain keseruan PMM) dan jangan lupa cek info lengkapnya di web Kemendikbud yaa...


Penulis: Tio

Posting Komentar

2 Komentar